Mengetahui makna font sangat penting khususnya bagi seorang desainer grafis, salah satu agar pembuatan desain bagus, terlihat indah dan elegan adalah pemilihan font yang tepat.

Ketidaktahuan makna dan jenis font dapat bisa membingungkan dirisendiri dan orang lain, terutama bagi anda yang ingin membuat desain grafis seperti brosur, poster dll. Tidak sedikit client saya yang bilang seperti ini ” pakai elegant font ya mas”. maksudnya elegan font itu bagaimana? seperti apa?, hal tersebut saya maklumi karena mungkin mereka tidak banyak paham mengenai font, mungkin maksudna pakai font yang cocok dan sesuai tema desain.

Maka dari itu disini saya ingin berbagi macam jenis font yang sering digunakan dalam bidang desain grafis beserta maknanya.

1. Font Serif

Font serif bisa bermakna megah, berkuasa, peduli dan tradisional, contoh seperti Times New Roman, Georgia dan bodini.

Jenis font serif biasa disebut juga dengan counterstroke. maksudnya adalah font yang mempunyai garis-garis kecil yang mempunyai bentuk berdiri tegak atau horizontal pada badan huruf yang digunakan.

Disebut counterstroke karena font ini mempunyai garis-garis kecil. Counterstroke itulah yang membuat jenis font serif lebih mudah dibaca karena garis tersebut bisa membantu mata kita yang sedang membaca melalui suatu garis teks.

Font serif cocok digunakan untuk teks content atau isi dalam desain. Diantara font serif ini adalah times new roman, bodoni, georgia, garamond, dan baskerville.

2. Font Sans Serif

Font sans serif adalah kebalikan dari font serif, yaitu jenis huruf yang tidak mempunyai garis-garis kecil dan sifatnya solid, lebih bermakna modern, objektif, stabil dan umum.

Diantara jenis font sans serif adalah: helvetica, verdana, arial, century gothic, dan calbiri. Jadi klo anda sering menggunakan salah satu nama font diatas, maka font tersebut termasuk kategori font sans serif.

3. Font Slab Serif

Font slab serif sering digunakan pada media surat kabar atau biasa juga digunakan pada buku-buku, dan bentuknya memanjang. Seiring perkembangan font slab serif ini tidak hanya digunakan pada media percetakan saja, tapi juga digunakan oleh para desainer untuk membuat sebuah desain poster, desain brosur dan semisalnya.

Kekurangan font slab serif ini adalah sangat monoton dan bentuk geometrisnya berbentuk serif yang lebih mengingatkan pada era kuno daripada masa kontemporer saat ini. Oleh karena itu, sebagian orang mengangggap bahwa font ini tidak relevan untuk perkembangan teks di masa yanga akan datang.

Diantara jenis font slab serif ini adalaha rockwell, courier, museo, clarendon, dan bevan. Anda bisa download font tersebut secara online.

4. Font Script

Font script salah satu font yang sering digunakan dalam desain yang lebih menggambarkan pada perasaan, seperti horor, sedih dan mungkin juga untuk menampilkan keindahan desain.

Bagi anda yang suka model-model font yang bergaya, jenis font scrip ini bisa anda jadikan pilihan. Saya pribadi dalam membuat desain-desain seperti pernikahan, dan membutuhkan font-font yang sedikit unik tidak formal, maka font scrip ini jadi pilihan.

Diantara jenis font script adalah lobster, lucida, pacifico, dan brush script.

5. Font Modern

Font modern adalah jenis-jenis font yang terbaru, font ini sangat diminati oleh para desainer, karena jenis font ini menghilangkan sifat ukiran. lebih elegan dan bersih.

Diantara jenis font modern ini adalah font politica, matehbook, dan eurostyle.

Demikian penjelasan dari saya mengenai font dan maknanya dalam desain grafis.

Silahkan Share, Semoga Bermanfaat