Memahami arti warna sangat penting dalam dunia seni visual, termasuk didalamnya adalahdesain grafis, desain brosur, desain logo dan yang lainnya.

Bagi designer, memahami warna adalah sebuah kewajiban yang harus benar-benar di pahami untuk memberikan desain yang benar-benar sesuai dengan tema, sehingga pesan bisa tersampaikan dengan baik.

Nah, berikut ini saya ingin jabarkan sedikit mengenai psikologi warna yang harus Anda pahami agar dalam pembuatan desain menghasilkan desain yang elegan dan tepat.

Bagi Anda yang bukan designer tapi ingin membuat seni visual seperti desain grafis, desain logo, desain brosur dan semisalnya, maka memahami psikologi warna juga penting agar minimal bisa menilai hasil desain yang sudah ada.

Psikologi Warna Hitam

Hitam adalah warna yang kuat yang membangkitkan otoritas, kekuasaan, keberanian, keanggunan dan gaya. Dalam dunia desain grafis, warna hitam adalah warna yang melambangkan kekuatan, elegan, mewah dan formalitas. Jika Anda ingin memberikan desain yang elegan, mewah, Anda bisa menggunakan warna hitam sebagai dasar dalam pembuatan desain, biasanya dengan kombinasi warna keemasan atau silver.

Psikologi Warna Putih

Putih adalah warna perdamaian. Simbol kepolosan, kemurnian, kesederhanaan, kesucian. Dalam dunia desain grafis, warna putih biasanya digunakan untuk latar atau background yang menggambarkan kejernihan dan kebersihan.

Jika digunakan untuk font, biasanya digunakan sebagai warna yang terang, berkilau dengan latar yang gelap.

Jika digunakan untuk font, biasanya digunakan sebagai warna yang terang, berkilau dengan latar yang gelap.

Psikologi Warna Merah

Merah adalah warna yang memiliki arti gairah, kekuatan, keberanian, aksi, dan semangat yang membara. Dalam dunia desain grafis, warna merah biasa digunakan untuk sesuatu yang berani, semangat membara. Biasanya banyak digunakan dalam desain brosur aksi atau demonstari.

Psikologi Warna Biru

Biru adalah warna yang menyimbolkan tentang ketenangan, keseriusan, kepercayaan dan keyakinan. Dalam dunia desain grafis, banyak logo-logo yang menggunakan warna biru yang menandakan bahwa perusahaan tersebut terpercaya, pun demikian warna biru biasa digunakan dalam dunia medis atau kedokteran, banyak desain brosur-brosur kesehatan menggunakan warna biru dalam arti ketenangan dan kepercayaaa, biasanya di kombinasikan dengan warna putih.

Psikologi Warna Kuning

Kuning adalah warna yang menyimbolkan optimis, progresif, kreatif dan rasa gembira. Kuning juga merupakan warna yang melahirkan kegembiraan. Karena itu warna kuning biasanya digunakan oleh designer untuk kebutuhan desain anak-anak yang mencerminkan kegembiraan, biasanya digabungkan dengan warna orange.

Psikologi Warna Hijau

Warna hijau mempunyai arti harmoni, kesegaran, alam dan sumber kehidupan manusia. Warna hijau identik dengan tumbuh-tumuhan yang memberikan kelangsungan kehidupan dan kesuburan, dalam dunia desain biasa digunakan untuk keperluan desain alami atau natural, warna hijau ini sering juga digunakan dalam desain terapi kesehatan, obat-obat alami.

Psikologi Warna Ungu

Warna ungu adalah warna yang mempunyai arti kecantikan, kemewahan, wanita dan keunikan. Dalam dunia desain biasanya menggunakan warna ungu untuk menyampaikan kesan emosional yang spesifik. menyampaikan pesan kwanita dan kecantikan. warna ungu berhubungan dengan dunia perhiasan yang melambangkan wanita, kecantikan dan kemewahan. Maka tidak heran jika banyak produk kecantikan menggunakan desain warna ungu.

Psikologi Warna Coklat

Warna coklat mempunyai arti klasik, isolasi, kenyamanan, dan kesederhanaan. Warna coklat biasa digunakan untuk menciptakan kesan klasik, dalam dunia desain grafis biasa digunakan untuk keperluan desain makanan/cafe tema klasik, pun demikian dalam dunia desain batik untuk menunjukkan warna alami, warna bumi atau tanah.

Psikologi Warna Oranye

Warna oranye melambangkan energi, antusiasme, flamboyan dan perhatian. Sifatnya menarik, cerah, ceria sehingga menawarkan keterbukaan dan keramahan kepada yang melihatnya. Dalam dunia desain grafis biasanya digunakan untuk menunjukkan antusiasme, seperti dalam desain makanan.

Catatan:

yang menjadi catatan saya disini adalah cara menggunakan warna itu sendiri, dalam dunia desain grafis, warna diatas tidak kemudian berdiri sendiri, pasti ada kombinasi antara warna teks dan warna latar layout, untuk bisa mengkombinasikan dengan baik, banyak-banyaklah melihat desain-desin grafis yang sudah ada.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Silahkan Share, Semoga Bermanfaat