Salah satuh hal yang sangat menentukan dalam dunia desain grafis adalah layout yang bagus yang terkonsep dengan baik dan benar.

Disini saya ingin menjabarkan macam-macam jenis layout, tapi sebelumnya perlu dipahami bahwa layout adalah penyusunan dari elemen-elemen desain yang berhubungan kedalam sebuah bidang sehingga membentuk susunan artistik. Hal ini bisa juga disebut manajemen bentuk dan bidang.

Dalam pembuatan desain, harus dipahami bahwa tata letak atau layout harus bagus agar yang melihat desain grafis tersebut mudah memahami aapa yang di sampaikan. Serta membuat mata nyaman ketika melihatnya.

Jadi tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah desain dan dapat memudahkan para pembaca menerima informasi yang disajikan.

Keserasikan dan kecocokan dalam layout akan membentuk bagus tidaknya sebuah layout.

Berikut macam-macam layout yang perlu Anda pahami:

1. Layout Mondrian

layout mondarin desain

Jenis desain mondrian layout lebih mengacu kepada karya Piet Modrian seorang pelukis asal Belanda, memiliki desain yang asimetris, landscape atau potrait, unsur gambar di tempatkan dalam bidang segi empat. Jadi konsepnya lebih pada kotak persegi.

2. Layout Axial

layout axial

Tata letak Axial Layout menekankan pada tampilan visual yang kuat di tengah halaman kemudian didukung oleh elemen-elemen lainnya di sekeliling gambar utama biasanya berupa gambar atau tulisan yang berhubungan dengan tampilan gambar ditengah yang sangat menonjol dan sebai titik pusat perhatian.

3. Layout Picture Window

layout window

Picture Window Layout lebih menekankan pada tampilan gambar yang besar dan di ikuti dengan headline, sedangkan keterangan yang ada pada gambar hanya memiliki porsi yang kecil.

4. Layout Big type

macam layou bigtype

Jenis ini lebih menekankan pada tata letak yang menggunakan huruf yang besar sebagai unsur utama, sedangkan gambar yang digunakan hanya berfungsi sebagai unsur pendukung saja.

5. Layout Silhouette

layout desain

Silhouette Layout lebih menekankan pada tata letak tulisan yang mengikuti alur bentuk gambar yang di gunakan dlam desain. Biasanya ada gambar dan ilustrasi.

6. Layout Frame

Labih menekankan unsur utamanya pada bentuk bingkai, dimana pesan atau gambar utama diletakan di dalam bingkai, atau bingkai tersebut menjadi tema dalam design yang digunakan. dimana border/bingkai/frame nya membentuk suatu naratif (mempunyai cerita).

7. Layout Circus

Circus Layout itu adalah layout pada penyajian iklan yang tidak baku. Susunannya “tidak beraturan” dalam penempatan gambar/tulisan tapi tertata dengan baik. Tampilan jenis desain layout ini biasanya berupa banyak gambar produk dalam satu halaman.

8. Layout Rebus

Jenis ini lebih menekankan pada gambar dan tulisan yang saling menjalin dan melengkapi di dalam sebuah desain sehingga tampilannya membentuk sebuah cerita yang mudah dipahami.

9. Layout Type Speciment

Biasanya di dominasi oleh tulisan besar (font) dengn menggunakan satu macam font. Sedangkan tulisan diatur sedemikian rupa untuk menampilkan pesan secara visual dan literal (mendasar, contoh masjid = tempat ibadah agama Islam).

10. Layout Covy Heavy

Lebih pada penyajian teks (copy writing) jadi komposisi layoutnya lebih banyak teks atau menekankan pada teks yang enak dibaca.

Itulah macam-macam layout yang bisa kita tiru, mana yang lebih baik tergantung jenis brosur apa yang ingin anda buat.

Silahkan Share, Semoga Bermanfaat