Selamat datang di website jasadesain76.com.

Baik teman-teman, disini saya akan menjelaskan cara membuat brosur dengan photoshop, photoshop tipe berapa saja, itu terserah teman-teman.

Sebelumnya saya telah menulis cara membuat logo yang bagus, sekarang bagaimana cara membuat brosur lipat 3 tiga dengan adobe photoshop?,

Baca juga : Cara Membuat Brosur atau Flyer A4 di Photoshop

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ukuran brosur.

Ukuran Brosur:
• Ukuran 21 cm x 10 cm (Standar)
• Ukuran 21 cm x 29,7 cm (A4)
• Ukuran 21 cm x 14,8 cm (A5)

Disini saya menggunakan ukuran lebar 10 cm x tinggi 21 cm seperti terlihat dibawah ini.

brosur 01

Langkah 01
Buka program adobe photoshop, lalu buat dokumen dengan ukuran Width: 10 cm dan Height: 21 cm, Resolution: 300 pixels/inch.

Caranya:
1. Klik File > New.
2. Maka akan tampil kotak dialog New, lalu setting Name: Brosur, Present: Costume, Width: 10cm, Hight: 21cm, Resolution: 300pixels/ich, Color Mode: CMYK, Background Contents: Transparent, lalu klik OK.
3. Maka dokumen baru akan ditampilkan pada area gambar kerja.

01 desain brosur

Langkah 02
Tahap selanjutnya kita akan membuat garis bantu dengan jarak 5 mm dari tepi area gambar untuk membatasi letak objek pada area gambar.

Caranya:
1. Klik View > New Guide
2. Maka akan tampil kotak dialog New Guide, lalu pilih opsi Vertical, lalu setting Position: 5 mm, lalu klik OK.
3. Maka akan tampil garis bantu vertikal disisi kiri.
4. Kemudian lakukan langkah yang sama untuk membuat garis bantu vertical disisi kanan, pilih opsi Vertical, lalu setting Position: 95 mm.
5. Kemudian lakukan langkah yang sama untuk membuat garis bantu horizontal sisi atas, pili opsi Horizontal, lalu setting Position: 5mm.
6. Kemudian lakukan langkah yang sama untuk membuat garis bantu horizontal sisi bawah, pilih opsi Horizontal, lalu setting Position: 205 mm.

brosur L2

Langkah 03
Tahap selanjutnya kita akan membuat background untuk desain brosur warna hijau.

Caranya:
1. Klik Rectangle Tool.
2. Kemudian pada optionsbar pilih opsi Shape layers.
3. Kemudian masih pada options bar, klik kotak warna disebelah kanan opsi Color.
4. Maka akan tampil kotak dialog Color Picker, lalu pilih warna hijau atau masukkan kode warna #00a49b, lalu klik OK.
5. Lalu klik pada sudut kiri atas lalu tarik kesudut kanan bawah hingga membentuk persegi hijau, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

broasur 3

Langkah 04
Tahap selanjutnya yaitu mengetikkan teks untuk tema brosur yang akan kita buat.

Caranya:
1. Klik Horizontal Type Tool.
2. Pada optionsbar seting Font Family: Bickham Scrip Pro atau terserah anda. Size: 90pt, Color: pilih warna putih (#FFFFF).
3. Lalu klik pada area gambar dan ketikkan teks Semarak, kemudian tekan tombol Enter.
4. Lalu ketik lagi teks Jakarta, dengan font dan ukuran yang sama.
5. Kemudian lakukan langkah yang sama untuk membuat teks HUT RI, dengan font Family: Century Gothic, Size:60pt, Color: pilih warna (#eae5d4).
6. Lalu ketikkan lagi teks GOES, dengan font dan ukuran yang sama.
7. Kemudian lakukan langkah yang sama untuk membuat teks keterangan lainnya, denga Font Family: Century Gothic, Size: 18pt dan 12pt, Color: pilih warnaputih (#FFFFFF) dan (#eae5d4).

04

Langkah 05
Tahap selanjutnya kita akan menambahkan gambar vector sepeda yang telah saya buat sebelumnya, atau anda menggunakan gambar vektor yang anda inginkan.

Caranya:
1. Klik File > Place.
2. Maka akan tampil kotak dialog Place, Lalu pilih gambar vektor sepeda kemudian klik tombol Place.
3. Maka gambar vektor sepeda aka ditampilkan pada area gambar kerja, lalu posisika seperti terlihat pada gambar dibawah ini, kemudian tekan tombol Enter.

brosur sepeda

Catatan: Sampai langkah ini anda sudah bisa menyimpan hasil desain untuk dicetak, jika hanya memerlukan desain brosur satu muka, tetapi jika ingin membuat brosur bolak-balik, anda bisa menyimpan desain ini dengan nama berbeda dan mulai membuat desain untuk halaman belakang brosur.

JIKA INGIN MEMBUAT BROSUR LIPAT DUA

Langkah 06
Tahap selanjutnya kita dapat menambahkan area baru, jika brosur ingin dibuat lipat dua dan ukuran brosur akan berubah menjadi 20 cm x 21 cm.

Caranya:
1. Klik Image > Canvas Size.
2. Maka akan muncul kotak dialog Canvas Size, lalu seting Width : 20cm, Height: 21 cm, dan pada opsi Anchor: klik otak tengah pada sisi kiri, lalu klik Ok.
3. Maka area canvas gambar akan ditambahkan pada sisi kanan area gambar seperti dibawah ini.

desain brosur 7

Langkah 07
Tahap selanjutnya kita dapat membuat background baru untuk halaman kedua brosur dan anda dapat menambahkan isi dari brosur halaman kedua sesuai tema yang akan anda buat.

Caranya:
1. Klik Move Tool.
2. Lalu pada panel layer, klik pada layer background yang pertama kali kita buat.
3. Kemudian tekan dan tahan tonbol Alt pada keyboard, lalu klik pada area gambar, lalu tarik kesisi kanan untuk menduplikasi. Kemudian anda bisa mengisi desain yang nda inginkan pada halaman kedua ini sesuai tema anda.

duplikat brosur

Catatan: Sampai langkah ini anda sudah bisa menyimpan hasil desain untuk dicetak, jika hanya memerlukan desain brosur 1 muka. Tetapi jika ingin membuat desain brosur bolak-balik, anda dapat menyimpan desain ini dengan nama yang berbeda dan mulai membuat desain untuk halaman belakang brosur.

JIKA INGIN MEMBUAT BROSUR LIPAT TIGA

Langkah 08
Tahap selanjutnya kita akan menambahkan area baru, jika brosur ingin dibuat lipat tiga dan ukuran brosur berubah menjadi 29.7 cm x 21cm.

Caranya:
1. Klik Image > Canvas Size.
2. Maka akan tampil kotak dialog Canvas Size, lalu setting Width: 29.7cm, Height: 21cm dan pada opsi Anchor: klik kotak tengah pada sisi kiri, lalu klik OK.
3. Maka area canvas gambar akan ditambahkan pada sisi kanan area gambar. Seperti berikut.

desain brosur canvas

Langkah 09
Lakukan seperti langkah 07 jika ingin menduplikat background.

Langkah 10
Tahap selanjutnya kita akan mengatur ukuran masing-masing halaman agar menyesuaikan dengan ukuran canvas gambar.

Caranya:
1. Klik Move Tool.
2. Lalu pada panel tool, klik ketiga layer background yang telah kita buat, tekan dan tahan tombol Ctrl pada saat memilih ketiga layer.
3. Kemudian klik Edit > Free Transfrom, lalu arahkan pointer mouse pada sisi kanan garis transfrom, lalu klik dan tarik hingga ketepi canvas, kemudian tekan Enter.

brosur desain 10

Catatan: Sampai langkah ini anda sudah bisa menyimpan hasil desain untuk dicetak, jika hanya memerlukan desain brosur 1 muka. Tetapi jika ingin membuat desain brosur bolak-balik, anda dapat menyimpan desain ini dengan nama yang berbeda dan mulai membuat desain untuk halaman belakang brosur.

Langkah 11 (Menyimpan hasil desain)
Tahap ini kita akan menyimpan hasil desain.

Caranya:
1. Klik File > Save As.
2. Maka akan tampil kotak dialog Save As, lalu pada opsi Save In: pilih directory dimana file akan disimpan. Pada opsi File Name: ketik nama file, dan pada opsi Format: pilih format file gambar yang akan disimpan, saran saya simpan kedalam empat format yaitu: JPEG, PDF, PSD, dan TIFF. Format ini sewaktu-waktu diperlukan.

simpan brosur

Baik sekian tutorial cara membuat brosur menggunakan adobe photoshop, like dan share jika bermanfaat.