brosur desain76

Hai semuanya, sering kali kita mendengar istilah flayer, brosur, pamflet, leaflet, poster, dan katalog.

Sebagian orang bahkan kebanyakan kita sering bingung, yang mana flayer dan yang mana brosur??.

Saya mencoba memberikan sebuah gambaran saja mengenai perbedaan flayer, brosur, pamflet, leaflet, poster dan katalog.

Flyer

Flayer biasanya berukuran A5 (14,8 cm x 24 cm). biasanya untuk disebar di jalanan untuk memberikan informasi penting seperti acara ataupun produk.

Brosur

Untuk brosur biasanya berukuran satu halaman kertas folio atau biasanya juga ukuran A4. brosur ini ada macamnya, ada yang be-fold atau lipat dua, ada yang tri-fold atau lipat tiga.

Pamflet

Pamflet biasanya berukuran satu halaman folio atau A4 yang biasanya dicetak bolak balik.

Leaflet

Utuk leaflet sama dengan pamflet cuma biasanya lebih kecil.

Poster

Poster biasanya berukuran lebih besar dari flyer, brosur dan pamflet, karena poster ini biasanya untuk publikasi ditempel di dinding, biasanya berukuran A3 atau 24 x 36 inchi, atau mungkin juga ada yang lebih besar sedikit.

Katalog

Kalau untuk katalog biasanya memuat informasi lebih lengkap dibanding flyer dan brosur, bisanya menginformasikan produk atau jasa dengan disertai harga. untuk ukuran ada yang A4 atau Folio. ada juga modelnya seperti brosur.

Itulah sedikit perbedaannya, tapi menurut saya sih sama-sama ajalah gak usah diambil pusing apalagi diperdebatkan, karena kadang saya desain brosur yang isinya katalog, he..he..

Yang jelas kalau kebanyakan orang untuk desain kecil banyak menyebut brosur, untuk desainer yang harus dipastikan ukuran dan isi desain yang mau dibuat. gitu aja deh menurrut saya.

Jika anda sedang cari jasa desain online yang profesional, jasadesain76.com siap membantu Anda.

Salam semuanya…