Membuat brosur yang elegan, menarik dan profesional adalah hal yang sangat penting dalam dunia marketing, kesalahan dalam membuat brosur, akan sangat merugikan bagi Anda, para konsumen akan menilai usaha Anda tidak profesional.

Membuat brosur yang menarik dan profesional tidak hanya bisa desain di komputer tapi banyak hal yang harus di ketahui dan diperhatikan, khususnya bagi para desainer pemula.

Bagi anda yang ingin membuat brosur, buatlah semenarik mungkin, buatlah brosur yang elegan dan profesional, hanya saja memang banyak hal yang perlu diperhatikan.

Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan brosur agar menarik?

Berikut ini saya ingin berbagi tips cara membuat brosur yang menarik, elegan dan profesional:

1. Informasinya harus lengkap tapi singkat

info lengkap

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kelengkapan konten/informasi yang mau dicantumkan dalam desain. Biasanya kalau ada yang minta jasa desain brosur ke saya, saya minta kelengkapan kontennya (isi), apa saja yang mau di cantumkan di dalam brosur.

Apa saja info/konten/isi nya?

Hal ini tergantung mau membuat brosur tentang apa?

  • Brosur makanan?
  • Brosur acara/event?
  • Brosur promosi?
  • Brosur Hotel?
  • Brosur lembaga/sekolah?

Setiap macam brosur mempunyai konten/isi yang berbeda-beda, sesuai hal apa yang perlu disampaikan di dalam brosur tersebut.

Secara umum info/konten/isi brosur itu adalah:

  1. Logo
  2. Judul
  3. Isi konten / teks brosur
  4. No kontak
  5. Alamat
  6. dll

Jika anda bingung hal apa yang harus dimasukkan dalam brosur, anda bisa lihat contoh-contoh desain brosur yang sudah ada.

Contoh desain brosur makanan elegan
Contoh desain brosur hotel
Contoh desain brosur acara
Contoh desain brosur lembaga
Contoh desain brosur property

Isi teks konten singkat dan jelas

Tulisan konten harus sesingkat mungkin tapi jelas dan bisa dipahami oleh pembaca. Konten teks yang sedikit akan lebih mudah dalam membuat layout desain yang bagus dan elegan.

Untuk mempersingkat teks bisa menggunakan poin-poinnya saja, atau narasi yang pendek, dalam hal ini harus pintar-pintar menyusun isi teks agar singkat dan mudah dipahami

2. Judul yang menarik

judul brosur menarik

Setelah isi kontennya sudah lengkap, maka hal ke dua yang perlu diperhatikan adalah pembuatan judul yang menarik.

Membuat judul yang menarik memang butuh ilmu khusus, yaitu ilmu copywriting. tinggal anda pelajari ilmunya.

Bagaimana cara membuat judul yang menarik?

Judul yang menarik biasanya banyak digunakan untuk keperluan brosur marketing atau penjualan, karena target dari brosur tersebut memang untuk menjual, pun desain brosur yang lain juga tak kalah penting untuk membuat judul yang menarik.

3. Buat layout desain yang elegan

Apa itu lyout desain?

Layout desain adalah latar desain, diluar sana sudah banyak template-tamplate layout yang menarik, tapi tentu tidak semua template bagus untuk di buat layout brosur yang berbeda-beda, apalagi volum teksnya tidak sama, sehingga membuat layout yang bagus disesuaikan dengan volum teks konten dan tema desain brosurnya.

Bagaimana cara membuat layout yang elegan?


Untuk memahami hal tersebut, Anda harus tahu apa itu layout, macam jenis layout desain dan apa saja prinsip-prinsip desain layout agar terlihat elegan.

maca jenis layout desain

Jika anda seorang designer atau ingin berkecipung dalam dunia desain, saya harap anda pahami hal tersebut.

4. Gunakan font yang tepat sesuai dengan tema

Penggunakan font sangat penting dalam penulisan teks desain, setiap font memiliki makna tersendiri, font untuk kesehatan berbeda dengan font untuk anak-anak, font untuk tema teknologi berbeda dengan font untuk olahraga.

Jadi intinya dalam penggunaan font yang tepat, anda perlu sedikit memahami arti font, sering-seringlah melihat berbagai macam desain brosur dengan tema yang berbeda-beda.

makna font

Unsur-unsur font yang perlu diperhatikan adalah:

  • Ukuran font
  • Jenis font yang digunakan
  • Kejelasan font saat dibaca
  • Warna font agar jelas saat dibaca

Jika Anda seorang designer, maka anda harus belajar tentang font. Insting sangat berperan dalam penentuan font ini.

5. Gunakan foto atau gambar yang bagus

Desain brosur terlihat lebih elegan ketika ada foto atau gambar yag bagus. Foto atau gambar adalah salah satu prinsip agar desain brosur terlihat menarik, makanya kalau kita lihat model-model desain brosur yang ada, sangat jarang ada desain brsur tanpa foto atau gambar, karena ibarat makanan, adalah “makan nasi tanpa lauk”, rasanya hambar.

“Maka sekali lagi, harus ada foto atau gambar yang bagus.”

Foto atau gambar seperti apa yang dikatakan bagus itu?


Berikut unsur-unsur yang perlu diperhatikan:

  • 1- Foto/Gambar yang sesuai dengan tema brosur.
  • 2- Resolusi harus tinggi, tidak pecah saat dicetak.
  • Peletakan foto atau gambar yang tepat.
  • Tidak mengandung unsur SARA.
  • Dst.

6. Pastikan tulisan di brosur dapat terbaca dengan jelas

tips brosur menarik

Ingat juga selain penggunakan font yang tepat, pastikan tulisan font tetap terbaca dengan jelas, baik ketika di perkecil maupun di perbesar.

Hal ini memahami ukuran brosur sangat penting, ukuran berapa kali berapa brosur yang mau dibuat, dengan ukuran seperti itu, apakah tulisan font tetap tebaca?

7. Sebutkan kelebihan produk Anda

Jika anda membuat brosur mengenai jual produk, maka alangkah baiknya jika kelebihan produk anda di cantumkan di dalam brosur, hal ini akan lebih membuat pembaca tertarik pada produk yang anda tawarkan.

Sebutkan apa keunggulan produk Anda dari pada yang lain.

Jika punya penawaran spesial, cantumkan!

8. Cantumkan testimoni

testimoni produk dalam brosur

Sekali lagi jika brosur anda mengenai produk atau jasa, maka testimoni sangat penting adanya, dan jangan membuat testimoni yang bohongan, kalau memang tidak ada, tidak usah dibuat-buat.

Tapi kalau dirasa sangat perlu, maka cari testimoni terlebih dahulu, dengan menjual produk anda ke orang-orang yang terpercaya, atau bisa sesuai profesi, bisa anda kasih discont yang besar atau anda gratiskan. nah dalam hal ini Anda harus pintar-pintar mencari testimoni yang baik tentunya.

9. Cantumkan no kontak yang Jelas

Diatas sebenarnya sudah saya sampaikan, salah satu kelengkapan info konten adalah no kontak,

No kontak harus jelas maksudnya, dalam brosur itu mudah dilihat, atau menonjol dari teks-teks yang lain. Mengenai letak no kotak tergantung alur kontennya bagaiamana?, tapi biasanya di bagian bawah desain brosur.

10. Urutan atau alur teks teratur dan enak dibaca

Masalah urutan dan alur konten teks ini sebenarnya masalah copywriting, jadi kalau anda paham bagaimana cara membuat copy writing yang bagus, maka anda akan paham cara membuat alur teks desain brosur yang bagus.

Kriterianya itu

  • Enak di baca
  • Mudah dipahami
  • Tersampaikan apa yang dimaksud
  • Membuat pembaca tertarik

Urutan standarnya adalah:
1- Judul
2- Subjudul (jika ada)
3- Konten isi (temasuk macam layanan)
4- Informasi produk/perusahaan (No kontak & Alamat)

11. Gunakan kata sapaan yang baik, (Anda/Kita)

Membuat sapaan dalam teks seramah mungkin, untuk sapaan Indonesia biasanya lebih menghargai pakai sapaan “Anda”, buka kamu atau sampean.

Atau kadang ada yang menggunakan sapaan “kita”, hal ini biasanya untuk menyatakan kebersamaan, bahwa kita sama-sama butuh brosur yang menarik (contoh).

Nah, demikian tips cara membuat brosur yang menarik, baik dari segi tekstual maupun layoutnya.

Kombinasi layout yang tepat dan teks yang menarik, enak dibaca akan menghasilkan desain brosur yang elegan dan profesional.

Silahkan Share, Semoga Bermanfaat