Apakah anda sedang membuat brosur atau ingin akan membuat brosur yang baik? Bingung bagaimana cara membuat brosur yang baik?

Mungkin diantara kita pernah bingun cara membuat brosur yang baik dan benar, Teks yang mau ditulis di brosur seperti apa? Desainnya bagaimana modelnya?

Kebingungan itu biasanya terjadi pada desainer pemula atau orang yang ingin membuat brosur tapi sebelumnya belum pernah membuat brosur, sehingga wajar jika mengalami kebingungan saat ingin membuat brosur yang baik, benar, dan bagus tentunya.

Brosur merupakan sebuat alat untuk menyampaikan informasi, baik hanya sebagai iklan pemberitahuan ataupun ingin menarik lebih banyak pelanggan. Kesalahan menyampaikan informasi dengan teks atau desain brosur yang kurang menarik merupakan sebuah kesalahan yang fatal. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk membuat brosur yang baik dan benar.

Agar brosur kita baik, benar dan bagus maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Ukuran

ukuran brosur

Hal pertama sebelum kita membuat brosur, terlebih dahulu kita menentukan ukuran brosur yang sesuai.

Ada beberapa macam ukuran brosur yang biasa didesain dan dicetak, disini saya membagi ke dalam 3 ukuran:

  1. Ukuran brosur lipat tiga atau Tri-Fold

Ukuran tri-fold ini biasanya yang paling populer, dengan ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) yang kemudian dilipat menjadi tiga bagian. Kadang ada yang menggunakan ukuran kertas folio.

  1. Ukuran brosur lipat dua atau Be-Fold

Ukuran be-fold biasanya menggunakan ukuran kertas A4 (21 cm x 29,7 cm) yang kemudian dilipat menjadi 2 bagian.

  1. Ukuran brosur tanpa lipatan / flayer

Brosur tanpa lipatan biasanya disebut flayer, ukurannya biasanya menggunakan kertas A4 (21 cm x 29,7 cm), A5 (14,8 cm x 21 cm) dan berbagai ukuran yang kecil.

Nah kita bisa menentukan ukuran sesuai kebutuhan, disesuaikan teks dan gambar yang akan didesain. Kalau secara cetak atau desain, brosur dibagi dua yaitu satu muka atau dua muka (bolak-balik). Silahkan tentukan sesuai kebutuhan.

  1. Judul

Hal kedua yang harus dilakukan setelah menentukan ukuran brosur adalah menentukan judul yang menarik. Dalam dunia marketing, Judul sangat menentukan peminat pembaca dan akan mengkonversi pada penjualan. Jika anda belum tahu slae marketing bisa belajar terlebih dahulu atau langsung menggunakan layanan jasa desain yang profesional.

Jadi ingat, tentukan judul yang menarik.

  1. Penulisan bahasa pada brosur

Penulisan bahasa atau teks di brosur harus baik dan benar, tidak menyinggung pihak lain, dan harus mudah dimengerti.

  1. Font yang tepat

Menggunakan font yang tepat dan sesuai dengan topik, hal ini masalah typografi, jadi dalam setiap font mengandung makna tersendiri, ada memang font yang biasa digunakan untuk hal yang tegas, feminim, lucu, anak-anak dan dewasa, atau ada biasanya font untuk horor, harmonis, kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Jadi font tulisan disesuaikan dengan tema, jangan menggunakan font untuk anak-anak dan lucu padahal target pembacanya adalah orang dewasa.

  1. Warna

warna

Penggunaan warna yang bagus bukan berarti berwana-warni, atau menggunakan banyak warna, akan tetapi disesuaikan dengan tema besar brosurnya.

Contoh, kalau tema brosur kita mengenai pohon, maka diupayakann semua warna baik desain maupun warna teks diselasarkan dengan warna pohon tersebut, dan warna teks harus jelas saat dibaca.

  1. Layout

layout brosur

Saya pribadi menyebutnya layout, yaitu pengaturan tata letak gambar dan teks yang sesuai, rapi dan enak dipandang, pesan gambar dan teks yang mau disampaikan terlihat jelas. Bahkan hanya melihat layoutnya, orang sudah paham maksudnya.

Demikian tips cara membuat brosur yang baik dan benar, jika ada masukan silahkan komen di komentar.

Terimakasih telah sempat berkunjung dan membaca artikel ini, silahkan disebarkan jika bermanfaat.